Sabtu, 13 Mei 2017

Cara Ngeprint (Mencetak) Dokumen Microsoft Word Dengan Mudah

Advertisement
Mencetak dokumen Microsoft Word (print out) adalah salah satu proses dimana kita membuat hard copy dalam lembaran kertas menggunakan printer. Biasanya ini dilakukan oleh mereka yang membuat tugas makalah, laporan, skripsi, maupun buku.

Sebenarnya untuk mencetak lembaran kerja MS Word sangat mudah dilakukan, hanya dengan beberapa langkah kita sudah bisa mendapatkan hasil print out-nya. Namun, bagi orang awam tentu saja cara ini cukup membingungkan, terlebih berurusan dengan yang namanya printer.

Untuk itu bagi sobat yang belum tahu bagaimana cara mencetak dokumen Microsoft Word di warnet atau komputer pribadi, pada artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya secara jelas dan singkat. Di sini saya menggunakan Microsoft Word 2013, untuk MS Word 2007, 2010, 2016 atau yang lainnya, tutorialnya kurang lebih hampir sama.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, saya anggap sobat sudah memiliki printer yang terkoneksi dengan baik ke komputer. Jika sobat ngeprint di warnet, tidak perlu khawatir karena biasanya pemilik warnet sudah men-setting printer dengan komputer. Oke, langsung saja kita menuju ke tutorialnya di bawah ini.

Langkah-langkah Mencetak Dokumen Microsoft Word


  • Buka dokumen MS Word yang akan dicetak.
  • Klik File pada menu di pojok kiri atas, lalu klik Print. Atau sobat bisa juga dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + P supaya lebih cepat.

cara mencetak dokumen microsoft word

  • Kemudian akan muncul jendela Print yang di dalamnya terdapat beberapa konfigurasi atau pengaturan yang harus dilakukan sebelum mencetak dokumen.

cara mencetak dokumen microsoft word

  • Baik, akan saya jelaskan sedikit tentang settingan yang bisa sobat lakukan pada gambar di atas. Untuk MS Word 2013 di situ ada pilihan Copies (jumlah copian), jika copies=1 berarti kita mencetak dokumen sebanyak satu rangkap. Jika sobat ingin mencetak sebanyak dua rangkap, maka Copies=2.
  • Berikutnya ada pilihan Printer, silakan disesuaikan dengan merk printer yang sobat gunakan, kalau sobat tidak tahu silakan ditanya kepada operator warnet nama printer yang aktif saat ini. Biasanya di situ tertulis merk Cannon, HP, atau yang lainnya.
  • Berikutnya ada settingan Pages (halaman), yang mana kita bisa memilih pilihan Print All Pages: untuk mencetak semua halaman. Print Current Page: untuk mencetak halaman saat ini di mana kita meletakkan kursor mouse. Custom Print: untuk mencetak hanya halaman tertentu saja, misalnya sobat ingin mencetak halaman 3 sampai halaman 9 saja, sehingga di bawahnya kita tuliskan 3-9.

cara mencetak dokumen microsoft word

  • Terakhir, klik tombol Print untuk memulai proses pencetakan.

Tips:
  • Jika sobat akan mencetak dokumen yang ada gambarnya atau yang ada warnanya, pastikan printer sobat memiliki tinta berbagai macam warna.
  • Sebelum mencetak dokumen, sesuaikan ukuran kertas dengan kertas yang sobat dunakan.

Demikian tutorial tentang cara mencetak dokumen Microsoft Word yang bisa sobat praktekkan. Bagaimana, mudah sekali bukan? Jika ada hal-hal yang kurang jelas atau ada yang ingin sobat tanyakan, silakan berkomentar di bawah ini ya, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon