Sabtu, 20 Mei 2017

Cara Memberi Password Pada File Microsoft Word Agar Tidak Bisa Dibuka Orang Lain

Advertisement
Pernahkah sobat membuat sebuah dokumen Microsoft Word yang berisi data-data rahasia? Entah itu buku diary, catatan penting, atau bahkan data rahasia lainnya yang bersifat pribadi. Tentu sobat tidak ingin dokumen tersebut dibaca oleh sembarangan orang  bukan?. Maka hal yang harus sobat lakukan tentu saja dengan memproteksi file Word tersebut menggunakan password. Bagaimana caranya?

Untuk keperluan ini Microsoft menyediakan sebuah fitur yang berfungsi untuk mengunci dokumen MS Word dengan password. Dengan melakukan cara ini sobat tidak perlu khawatir lagi dokumen rahasia sobat dibaca oleh orang lain selama password tersebut hanya kita saja yang mengetahuinya.

Nah, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana cara memberi password pada file Microsoft Word agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Dalam contoh kali ini saya menggunakan Office 2013, untuk Office 2003, 2007, 2010, 2016 atau yang lainnya sobat tinggal menyesuaikan langkah-langkahnya saja, karena caranya hampir sama.

Cara Memberi Password Pada File Microsoft Word


1. Buka dokumen yang akan sobat proteksi dengan password.
2. Setelah itu pilih File pada pojok kiri atas.

cara memberi password pada file microsoft word

3. Lalu pilih Protect document -> Encrypt with Password

cara memberi password pada file microsoft word

4. Selanjutnya masukkan password sobat dan klik Ok, setelah itu masukkan lagi untuk mengkonfirmasi bawha password yang sobat tulis itu benar, lalu klik Ok. Terakhir, klik Save (Ctrl+S).

cara memberi password pada file microsoft word

Selesai, untuk mengujinya silakan sobat tutup dulu dokumen MS Word tersebut, lalu coba dibuka kembali. Jika membutuhkan password untuk membukanya, berarti langkah-langkahnya berhasil.

Catatan:
Jika di kemudian hari sobat lupa password-nya, maka dokumen tersebut akan terkunci untuk selamanya, maka berhati-hati lah agar password-nya tidak lupa. Perhatikan juga case sensitive-nya (penggunaan huruf besar dan kecil) pada saat menulis kata sandi.

Mengganti Password


Ada kalanya sobat ingin mengganti password sebelumnya dengan password yang baru jika ada orang lain yang mengetahuinya. Maka sobat tidak perlu khawatir karena caranya hampir sama dengan sebelumnya.. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka dokumen yang sudah dienkripsi sebelumnya.
  • Pada pojok kiri atas klik File -> Protect document -> Encrypt with Password
  • Hapus password lama, lalu masukkan yang baru, silakan ulangi lagi untuk konfirmasinya.
  • Terakhir klik Save (Ctrl+S).

Menghapus Password


Jika suatu saat sobat ingin menghapus password-nya dan bisa dibuka oleh siapa saja, caranya sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka dokumen yang sudah dienkripsi sebelumnya.
  • Klik File pada pojok kiri atas.
  • Klik Protect document -> Encrypt with Password.
  • Hapus semua password yang ada di dalam kotak isian, lalu klik Ok.
  • Terakhir klik Save (Ctrl+S).

Nah, itu dia tutorial tentang cara memberi password pada file Microsoft Word yang bisa sobat praktekkan. Dengan melakukan enkripsi pada dokumen MS Word, maka privasi kita akan terjamin kerahasiaannya. Jika ada hal-hal yang iingin sobat tanyakan, silakan ditulis pada kolom komentar di bawah ya, semoga bermanfaat.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon